Rabu, 26 Desember 2012

Peduli Untuk Berkarya

Posted by Unknown On 15.08 No comments

Kegiatan lingkungan melalui program yang terencana dengan konsep yang baik akan menghasilkan sebuah karya besar yang bemanfaat bagi masyarakat. Melalui penataan wilayah yang berorientasi dengan lingkungan yang ramah dan asri pembangunan sarana dan prasarana warga akan memberikan dampak positif seperti yang diharapkan, dan melalui pembangunan itu sendiri diharapkan masyarakat tumbuh kesadaran untuk turut serta berpartisipasi dan berkonstribusi langsung dalam pembangunan. Hal ini dapat terjadi jika terbangun kesediaan berswadaya baik tenaga, pikiran maupun dana demi perbaikan lingkungan dimana kita tinggal.

Neglasari sebagai pusat kawasan zona ekonomi terpadu untuk saat ini dan dimasa mendatang akan terlihat sebagai sebuah wilayah yang yang rawan tingkat sosialnya, bilamana sejak sekarang tidak berbenah membangun masyarakat dan lingkungannya, hal ini tergambar jelas, wilayah yang terbagi menjadi 7 bagian Kelurahan ini bila dilihat darI alur perkembangan pembangunannya begitu pesat sehingga tidak menutupi kemungkinan dampak dari pembangunan itu sendiri akan menimbulkan berbagai permasalahan di masyarakat, untuk antisipasi hal demikian perlu adanya perhatian khusus dari pihak pemerintah daerah untuk dapat memberikan dorongan kepada masyarakat dan adanya upaya pendekatan persuasif dengan memberikan informasi yang sejelas jelasnya kepada publik sehingga dampak yang bersifat negatif dapat ditangani sedini mungkin.

Sebagai sebab dari kegagalan penataan wilayah dan lingkungan disebabkan banyak faktor yang turut mempengaruinya antara lain adanya upaya main mata antara pengembang dan pihak penyelenggara pemerintah kota, adanya peran serta tokoh masyarakat yang melebur dengan pengembang. Inilah virus yang harus dimatikan dan inilah kenyataan yang seringkali terlihat dan acap kali sering menjadi cibiran masyarakat.

Menyikapi hal tersebut tak akan ada habisnya, entah berapa tahun lagi dan entah sampai beberapa periode lagi. Sebaiknya yang dilakukan saat ini adalah bagaimana di dalam upaya mengembangkan sdm masyarakat sehingga muncul rasa peduli dari kalangan masyarakat untuk dapat berperan secara utuh dalam partisipasinya membangun lingkungannya, ingat masyarakat adalah asset bukan sebuah target yang dapat dikendalikan oleh sekelompok orang yang berbau kepentingan, dan perlu adanya inventarisir kelompok mayarakat yang peduli untuk dijadikan asset yang bernilai tinggi. Hal ini menjadi rujukan sebagai modal dasar dalam membangun Neglasari sebagai kawasan zona ekonomi, pusat perniagaan dan pusat budaya Kota Tangerang.

Potensi masyarakat Neglasari yang beragam adalah potret diri  yang realistis bila ditinjau dari sisi historis, akar budaya yang melekat dan melebur dari dulu hingga saat ini masih bisa dilihat dan disaksikan, namun sayang mandulnya roda perekonomian yang membuat terbengkalainya budaya yang mampu mempersatukan anak bangsa ini seperti terkubur. Disinilah peran sentral dari pemerintah daerah khususnya Kecamatan Neglasari dalam pengembangkan potensi wilayahnya. Andai di Neglasari ada cagar budaya CHINNES TOWN, MELAYU TOWN yang didalamnya memuat wisata air, wisata kuliner rakyat dan lain sebagainya akan mampu memberi kontribusi pemberdayaan masyarakat, terlebih dari aspek ekonomi.

Sebagai penunjang Bandara Soeta sudah seharusnya berbenah dan sudah sepatutnya mampu menghadirkan nuansa rakyat sebagai trade marknya Neglasari menuju dunia. Setuju atau gak setuju dengan adanya pengembangan lahan yang terlihat sekarang lebih condong arah dan tujuannya  berkaca pada orientasi kota modern, padahal sangat minim sekali pemikiran mengenai konsep pembangunan tradisioanal yang mengkedepankan suasana alam di Kota ini. Pencapaian yang dirasakan memang memakan waktu, namun bilamana sedini mungkin adanya perencanaan tidak akan menutupi kemungkinan wilayah ini akan menjadi wilayah yang menjadi pangsa pasar regional yang dapat memberi sumbangsihnya ke pemerintah daerah yang cukup besar.

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube